Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Online, Cantumkan Harga Produk Anda

EKONOMI KREATIF – Saya sering melihat para penjual di internet terutama komunitas jualan di faceook, mereka menjual barang tidak mencantumkan harganya. Hal yang sama untuk spesifikasi. Barang yang dipajang hanya foto, dengan komentar silahkan tawar, spesifikasi lihat di google kontak ke hap....08.........xxxxx

Tantu saja,  apapun perilaku penjual tidak ada yang salah. Toh barang juga milik dia sendiri, laku atau tidak tentu urusan dia. Hanya saja, kalau dari sisi startegi penjualan, supaya barang terjual cepat dan mendapat untung, ada baiknya melakukan beberapa hal dalam penjualan di internet.

Berikan penawaran yang jelas dan tidak menimbulkan multi tafsir. Misalnya, barang dijual kondisi  baru atau second.

Jelaskan spesifikai arang yang akan dijual jangan cuma dikomentari “spesifikasi lihat di mbah google”. Kalaupun harus cari di google, kopas saja hasil pencarian tersebut, bila dianggap menunjang promosi penjualan.

Cantumkan harga. Ini yang sering dilupakan oleh para penjual terutama penjual pribadi atau barang milik pribadi. Bahkan saya sering melihat orang jualan di komunitas bisnis di FB dengan kata “barang mulus, silahkan tawar”. “Saya punya barang bagus, kira-kira berani berapa ya”.

Mengapa harus menampilkan harga? Barangkali ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Pertama, calon pembeli ketika melihat harga produk selintas saja sudah bisa menyimpulkan apakah akan melanjutkan penawaran atau tidak.

Bisa saja,  hanya kerena harga menurut calon konsumen sangat murah dibandung harga yang lain,  mereka malah berniat membeli meskipun awalnya tidak berniat.

Kedua, pencantuman harga juga untuk memberi kejelasan standar harga yang berlaku baik untuk penjual lain maupun untuk calon konsumen. Sehingga begitu ada harga tertera dengan jelas, para calon konsumen mudah memutuskan membeli atau tidak serta membandingkan.

Hal berbeda jiak tidak mencantumkan harga. Banyak penjual yang cuma  nulis komentar, “yang butuh silahkan kontak ke nomor telpon atau email”.

Padahal tahukah anda, banyak dari para pembeli agak malas untuk SMS atau nelpon sekedar bertanya harga. Mereka  memilih mencari barang  dengan harga yang sudah jelas ketimbang harus bertanya pada melalui SMS atau inbox.

Terakhir cantumkan foto asli dari barang yang akan dijual tersebut. Tulis kekurangan atau kelebihannya secara jujur sehingga calon pembeli  marasa cukup mengatahui informasi awal sebelum mereka memutuskan untuk membeli baik COD atau tranfer.

Demikian beberapa tips dan trik menjual barang di internet secara online supaya barang mudah terjual dan untung. Semoga bermanfaat.